Sabtu, 19 Februari 2011

MEMBUAT WEB FORUM DENGAN phpBB


Jaman sekarang kita mengenal banyak sekali CMS (Content Management System) yang memungkinkan kita untuk membangun website komunitas (forum) dengan mudah. Salah satunya adalah phpBB. Apa keunggulan phpBB sehingga harus menggunakannya? Nah, 3 alasan berikut akan menjawab pertanyaan anda :
1.     Kompatibel dengan jenis platform yang berbeda-beda. phpBB bisa difungsikan dengan baik pada sistem operasi Windows maupun Linux dengan webserver IIS maupun Apache.
2.     Keunggulan yang lain adalah fleksibel dan mudah dimodifikasi. phpBB bersifat Open Source dan merupakan kombinasi dari script yang umum diketahui oleh webmaster. Yaitu PHP, HTML, SCC, dan MySQL.
3.     Diatas semua keunggulan tersebut, keunggulan yang paling utama dari phpBB adalah sifatnya yang “open source” sehingga phpBB gratis untuk dipakai.
Setelah memahami benefit dan 3 alasan utama menggunakan phpBB, kali ini kita akan belajar bagaimana caranya menginstall phpBB di hosting cPanel kita dan melakukan apa yang sering dilakukan user saat pertama kali menginstall phpBB. Yaitu dengan mengganti skin defaultnya dengan skin yang lain yang telah tersedia. Simak tutorial berikut untuk menemukan caranya :

Langkah 1
Login ke cPanel anda.

Langkah 2
Masuklah ke menu Softaculous.

Langkah 3
Klik forum > kemudian pilih phpBB.

Langkah 4
Klik tab install, sekarang masukkan dan catat isian admin username dan admin password. Kemudian klik install.

Langkah 5
Jika pesan instalasi sukses telah muncul, coba akseslah situs anda. phpBB telah berjalan di situs anda dan siap dipakai.

Langkah 6
Sekarang kita praktekkan untuk mengganti skin defaultnya. Pertama masuklah ke menu administration control panel yang terletak tepat dibagian paling bawah phpBB anda.

Langkan 7
Re-autentikasi lagi dengan memasukkan username dan password admin area yang telah anda catat sebelumnya pada proses instalasi phpBB.

Langkah 8
Jika login berhasil, anda akan dibawa ke administrtor area phpBB anda, tamp[ilan administrator area phpBB bisa dilihat pada gambar. Pada administrator area, pilihlah tab Styles.

Langkah 9
Klik Deactivate pada style prosilver, dan klik Activate pada style subsilver2.

Langkah 10
Setelah selesai, sekarang akseslah kembali situs anda. Skin/style phpBB anda telah berubah ke style subsilver2.

Selain mengganti skin, banyak sekali yang bisa anda lakukan melalui administrator area phpBB anda. Temukan apa saja kemungkinan fungsi administrator area phpBB dengan mulai menggunakan phpBB sebagai basic forum anda. Selamat membangun forum anda.

Sumber : Majalah Komputek Edisi 709

0 komentar:

Posting Komentar

PASANG IKLAN MURAH

Cukup Bayar Rp 30.000/bulan