Kamis, 30 Desember 2010

Cara Install Linux Menggunakan Flashdisk


      Pada tutorial kali ini saya ingin menjelaskan tutorial tentang cara install Linux menggunakan flashdisk. Cara ini diklaim lebih mudah dan cepat dibanding jika kita menginstall Linux menggunakan media CD ataupun DVD. Hampir semua jenis distro Linux juga mendukung instalasi menggunakan flashdisk.
Sebelum itu Anda memerlukan sebuah flashdisk berukuran minimal 1GB. Anda juga memerlukan aplikasi UNetbootin untuk mengekstrak file iso Linux ke dalam flashdisk. Selain itu, PC atau Laptop Anda harus mendukung boot dari flashdisk.
UNetbootin tersedia untuk Windows dan Linux. Tetapi dalam tutorial kali ini saya menggunakan aplikasi UNetbootin for Windows. Karena Saya menggunakan OS Macintosh jadi Saya menggunakan Windows secara Virtual dengan aplikasi VMware Fusion.
Berikut ini Link Download Aplikasi UNetbootin silakan Cikidot :
 Download Aplikasi UNetbootin for Windows klik disini
 Download Aplikasi UNetbootin for Linux klik disini
Setelah semuanya dipersiapkan, Anda bisa mulai install Linux menggunakan Flashdisk.
Buka Aplikasi UNetbootin yang sudah tersimpan dalam computer.
 
Klik 2x Aplikasi UNetbootin kemudian klik Run
Setelah aplikasi UNetbootin terbuka, Pilih DiskImage (1), Kemudian Pilih ISO (2), Berikutnya Klik Tombol Browse (3).
Kemudian Cari File *.iso yang telah anda simpan dalam computer anda. Kali ini saya menggunakan Ubuntu 10.04 Dekstop Edition. Setelah itu Klik Open.

Centang pada kolom Show All Drives (Use with care) (1), pada kolom Type pilih USB Drive (2), pada kolom Drive (3) pilih Drive Letter Flashdisk yang ingin anda install [E:],  kemudian klik OK (4).

Tunggu sampai proses instalasi selesai. Proses Instalasi akan berlangsung kurang lebih 10 menit, itu tergantung kecepatan transfer flashdisk anda.

Setelah selesai klik reboot untuk mulai menginstalasi Linux menggunakan Flashdisk anda, atau tekan Exit untuk keluar dari Program.

Berikut ini adalah tampilan dari Flashdisk yang siap digunakan untuk menginstall Linux.

Sebelum menginstall jangan lupa setting BIOS Laptop atau PC Anda agar bisa boot dari flashdisk. Biasanya dapat juga dengan menekan tombol F1, F2, F12, ESC, atau backspace. Tiap PC atau Laptop berbeda2 settingannya.

0 komentar:

Posting Komentar

PASANG IKLAN MURAH

Cukup Bayar Rp 30.000/bulan