Minggu, 15 Mei 2011

Cara Install Printer Canon iP1880 di Ubuntu / BlankOn

Setelah menginstall Linux BlankOn pada Laptop Temen Kerja saya yang termasuk baru, Padahal OS bawaannya Windodol 7 Lho, Original lagi , Setelah saya cuci otaknya. Dan saya yakinkan kalo memakai Windodol tuh gampang banget terkena viruss yang bisa bikin Windodol Rusak. Mending pake Linux, lebih aman dari gangguan Viruz. Dia Pun mau memasang BlankOn di Laptopnya.. Hehehe... Bingung dia... Saya juga masih bingung makenya, maklum... Saya kan Pengguna Fanatik Mac OS. Hoho...

Nah permasalahan yang kemudian ditemukan adalah, saya kesulitan dalam mencari Driver Untuk Printer pada BlankOn ini. saia pun mencari driver-driver yang saia perlukan khususnya driver untuk printer temen saia yang bermerk Canon iP1880.

Pertama saia mencoba menginstal secara langsung lewat menu System -> Administration -> Printing yang tersedia pada taskbar dari Ubuntu sendiri. Tetapi ternyata driver untuk Canon iP1880 tidak ada… Saiapun mencari cara lain lewat om gugle dan berujung pada dua website yang menjadi sumber artikel saia yang ini (linknya ada di bawah). Mereka mengatakan bahwa menggunakan driver Canon iP1900 bisa membuat printer Canon iP1880 bekerja. Saia langsung saja download filenya dan mencobanya. Ternyata bisa!!


Yang kalian perlu lakukan adalah mendownload file package drivernya di salah satu link berikut.

Download Disini

Setelah itu extract filenya dan install kedua file package yang berektensi .deb. Baca file bernama INSTALL untuk lebih lengkapnya. Mulai dari sini, KALAU TIDAK SALAH, tambahkan printer baru melalui menu System -> Administration -> Printing. Pilih yang serial port kemudian klik Forward. Sistem akan mencari driver yang tersedia, pilih yang Canon iP1900. Tadaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa... Printer 1880 sudah siap digunakan.. Seneng banget deh jadinya, setelak utak-atik berjam2 dan membuahkan hasil. hehehe

Ngemeng-ngemeng,  tentang prosesnya udah ada panduannya di dalam file download itu… Sebenarnya Kejadian ini baru aja saya alamin… Kemudian langsung deh saya post disni… :P . Maklum buat arsip biar kagak lupa lagi.. Hehehe. klo ada yang baru aja nyoba bole kasi testi di bagian komentar. makasih.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Huuuuu Paijan... Udah bisa gitu kok.. Halah laren minta diajarin.. Hayooo jam berapa entar nyumbang????

      Hapus

PASANG IKLAN MURAH

Cukup Bayar Rp 30.000/bulan