Rabu, 09 Februari 2011

Download di Torrent, gimana caranya?

Jujur, saya selalu gagal dalam masalah pemecahan bagaimana mendownload suatu file di Internet menggunakan Link download yang diberikan oleh Torrent, sampai-sampai, saya memblokir situs itu (Torrent) karena merasa ditipu habis-habisan, samakah anda dengan saya?


Kebanyakan dari Netter baru (termasuk saya) bingung menghadapi file yang bernama Torrent. Tapi akhirnya saya berhasil mengetahuinya dan mencoba. Walaupun terpaksa untuk mencoba, karena ada eBook Harry Potter yang mesti di download via torrent, maklum, lagi candu:maho

Apa itu torrent?

Terus terang saya juga masih kurang ngerti... hammer dan lagi malas untuk mengalihkan pikiran ane tentang menambah visitor Blog ini ke masalah torrent. Hehehe Tapi prinsip kerjanya seperti ini kira-kira :
Misalnya anda mendownload suatu eBook dari Blog saya, maka otomatis anda akan saya lemparkan ke situs 4shared, Ziddu, dll untuk mendapatkan Link download eBo
ok itu dan akhirnya bisa membaca eBook itu tanpa membeli.
Nah, lain halnya dengan Torrent, pada saat kita mendownload, Link yang kita gunakan adalah komputer milik orang lain yang sama juga memakai jasa download Torrent, nah, jadi, intinya kita saling bagi-membagi. Sehingga akhirnya muncul istilah seeders (yang nyediain filenya di kompi buat di download orang) dan leechers (yang lagi ngedownload).
Kira-kira begitulah, jadi jangan heran + kaget, kalo anda punya software buat memonitor bandwidht bakalan liat kita nge-upload sendiri. Padahal perasaan kita ndak upload apa-apa. Hehehehe hohohoho

Amankah download via torrent?

Hmmm... Hmmm... Hmmm.... Menurut saya, dari ilmu Trojan yang pernah saya pelajari secara Otodidak (Cieeeeeeee) hal ini akan sangat memudahkan suatu Trojan untuk masuk kedalam komputer kita, mengapa? Karena, untuk mendownload sebuah file di situs Torrent, kan kita harus menjadi Seeders, yang berarti harus membuka suatu Port agak si Leechers bisa mendownload file dari kompi kita. Intinya, membuka Port didalam komputer kita untuk umum, samadengan membukakan Brankas uang anda kesemua orang.

Bagaimana Cara downloadnya?

Oke, cara kira-kira begini :
  1. Anda mesti punya softwarenya dulu, yang saya gunakan adalah UTorrent bisa download di situsnya langsung http://www.utorrent.com/
  2. Install seperti biasa
  3. Cari software yang pengen didownload dengan menggunakan torrent, saya biasanya nyari di http://thepiratebay.org/ Search aja boss... insyaAllah selama software/ebook/film dll-nya gak aneh-aneh banget biasanya banyak tersedia.
  4. Download torrent-nya (kecil aja tuh filenya)
  5. Tinggal klik dua kali di file torrent yang udah di download tadi, biasanya langsung kebuka utoorent-nya. Klo gak kebuka utorrent-nya. Yaa buka sendiri lalu add file tadi. Hihihihihihi
  6. Dan tunggulah hasilnya. Wkwkwkwkwkw hohohoho
Download via torrent lambat????? Bagaimana tipsnya???

Wkwkwkwkw tanda tanya buanyak, hihihihi ini sengaja saya lakukan, soalnya sebelum saya tau tipsnya, download file di torrent luaaammmbbaaattt banget, bahkan berminggu-minggu baru selesai. Bussseett dah hammer Gimana gak frustasi coba???

Oke.. biar rekan-rekan gak senasib saya dulu, saya coba bagi pengalaman.
  1. Kecepatan download torrent itu ada banyak faktor. Terutama perbandingan jumlah seeder dan leecher. Intinya klo seedernya banyak dan leechernya lebih banyak lagi hammer Maka hasilnya jelas, bahwasanya download sampeyan lambat. Wkwkwkwkw hohohoho Yang paling sip adalah seeder banyak leechernya dikiiiittt banget, dijamin kueenncceng. Makanya sebelum download perhatikan dengan bener jumlah seeder dan leecher-nya.
  2. Tuneup (apanya yg ditune up yaa), banyak tutorialnya di google, silahken search, saya lagi malas nulis soalnya mau balik ke TA ane lagi. Wkwkwkwkw
  3. Gunakan uTorrent Ultra Accelerator, filenya gratisan kok ada banyak di google. Cari aja, insyaAllah tambah kenceng.
  4. Dan yang menurut saya penting.... Setelah selesai download, jadilah seeder, jangan cuman jadi leecher aja, berbagilah... Percaya deh sampeyan bakal dapet kecepatan maksimal. Saya udah jadi contohnya. Cara jadi seeder: Setelah selesai download, jangan diapa-apain dulu filenya, (tapi klo mau make langsung boleh kok, cuman di copy paste ke tempat lain). File aslinya biarin aja dulu di sana dan juga di utorrent-nya jangan diremove pokoknya biarin aja. Ntar-ntar aja dihapusnya. Wkwkwkw
  5. Oiya sering-seringlah upload file, biar tambah afdol dan bisa download langsung dari server (ini katanya sih), ane belum nyoba juga. Hehehehehehe Baru 2 file ane upload. Ntar klo ada waktu pengen juga sih, kan asik juga tuh bisa download langsung.
Download torrent kok tetap lambat bahkan gak konek???

Kata saya tadi kan banyak faktor, hehehehe kira-kira tambahannya begini :
  1. Klo udah ditune-up, trus seeder banyak leecher dikit tapi tetap kecepatan downloadnya lambat, maka saya balik nanya Kecepatan maksimal download sampeyan berapa? Kecepatan download maksimal di torrent yaa sesuai dengan kecepatan maksimal inet sampeyan.
  2. Sama kasusnya dengan no.1 tapi dengan tambahan koneksi inetnya ternyata gede (misal langganan speedy yang paket 1 MBps), nah klo udah gini kita balik ke masalah seeder, karena ini sistemnya pc ke pc maka tergantung juga bandwidht yang disediain oleh seeder. Klo dia nge-set banwidht buat upload maksimal 5 KBps, maka kecepatan download di tempat kamu ntu yaa segitu juga. Hehehehehehe Tapi...... ini tapi lo, selama koneksi kamu kenceng seeder banyak, udah di tuneup lagi. Maka (saya) gak pernah lagi nemuin download di bawah 10 KB (syarat dan ketentuan berlaku lo) minim dapetnya 30-40 KBps ntuh pisss Yaahh kecuali klo sampeyan downloadnya sekaligus banyak, yaa jelas lah bandwidhtnya ke bagi. Hehehehehe
  3. Kalo gak konek, cek dolo firewall-nya siapa tau firewall nge-blokir Utorrent atau aplikasi yang berbau-bau P2P. Siapa tau aja, lah wong YM aja sering ke blokir kok. Wkwkwkwkwkw
  4. Klo udah di cek semua, tapi ternyata tetap gak bisa juga. Maka jawabnya adalah ISP kalian atau admin jaringan di kantor, di kampus, disekolahan, dll Ngeblokirnya. Wkwkwkwkw Satu saran saya, bersabarlah.... Hehehehehehe Semua pasti ada hikmahnya. Siapa tau klo kalian dah kenal sama torrent, pengennya download melulu, lupa belajar, sekolah, kerja, dll. Kasian ortu, bini dan anak. Wkwkwkwkwkwkw pisss
Oke..oke mungkin segini dolo.... Semoga bermanfaat... Buat orang tua yang punya anak (di bawah 17) yang suka ngenet harap dijaga klo tau sama torrent. Karena gak hanya yang isinya bermanfaat ada di sini. Film-film refreshing pun suangat banyak tersedia manthab. Wkwkwkwkwkw Klo dah gede kaya saya sih, gak apa-apa (pembelaan diri). hammer

Oiya ini ada satu prikitiw download torrent punya saya yang sempet ter-printscreen:

Please click at picture to enlarge size
Apa sih kebihan dan Kekurangan download torrent?

Gini... gini, sebenernya ada kelebihan dan kekurangannya lo, begitulah di dunia ini selalu berpasangan. Hehehehe hohohoho

Kelebihannya :
  1. Lebih nyaman dan lebih praktis dibanding download dari server hosting kaya rapidshare, hotfile, dll apalagi klo download di sana pake account free.
  2. Adanya fitur "Pause dan Resume". Inilah asiknya, hehehehehe selama seedernya ada, di pause selama setahun pun mungkin ndak masalah.muanthabbb
  3. Bagi yang gak suka download pake part-part-an, maka solusinya adalah Torrent. Hehehehehehe pisss
  4. dll (nanti diupdate klo ketemu kelebihannya yang baru, selama ini cukup ini dulu).
Kekurangannya :
  1. Kecepatan download tergantung "banyak" faktor. hehehehe gak kaya download langsung dari server rapidshare, hotfile, dll. Selama inet mempunyai kecepatan download maksimal gede, maka kecepatan download di server ntu juga insyaAllah gede. Heheheheh Klo di torrent? Ya itu banyak faktor.
  2. "Katanya" sih tidak terlalu aman dari serangan hacker. Entahlah... Klo sampeyan niat baik sih, insyaAllah gak bakalan napa-napa. Hehehehehe Tapi alangkah baiknya persiapkan dulu segalanya. Kaya firewall dan atur port mana aja yang dibuka untuk umum. Dan jangan lupa pasang juga antivirus dan awasi terus (scan) aliran port tersebut. Klo ada gerakan yang mencurigakan, cabut koneksi inetnya. Wkwkwkwkwk Tapi insyaAllah aman kok.
  3. Mesti sering-sering berbagi untuk mendapatkan "sesuatu" yang maksimal. Hehehehehe Gak kaya download di server hosting langsung, klo bisa sih download terus, masalah berbagi ntar aja urusannya. Wkwkwkwkwkw
  4. Nah untuk yang bandwidhtnya dibatasin atau karena berlangganan paket yg limited. Maka download pake torrent rasanya kurang afdol. Hehehehehe Kenapa??? Karena pake torrent ini boros bandwidht. Selain download kita juga mesti upload lo. Hehehehehe Ingat ntu, memang sih ada teknik sendiri untuk mengatasinya. Misalnya dengan menyetting bandwidht untuk upload, dll.
Jadi, untuk yang berminat mendownload suatu file dengan resiko tinggi, silahkan mencoba, dan yang sangat-sangat tidak ingin mengambil resiko, jangan pernah mencoba! :cd


Apabila anda Suka dengan Artikel ini, silahkan Share kepada teman-teman anda:
sumber http://www.kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar

PASANG IKLAN MURAH

Cukup Bayar Rp 30.000/bulan